Kamis, 07 Februari 2008

basic story..

basic story.. apaan sih, tuh..kemaren2 pandi sempet nanya soal basic story.. cuma emang sih, gue belum sempet jelasin secara detail.. maap, pan.. sok sibuk gitu sih gue.. kabuuuur...
curhat dikit nih.. tadinya postingan gue berikutnya, adalah soal nama dan karakter.. cuma berhubung si pandi posting soal basic story vs Cerpen, akhirnya gue kepancing buat posting soal ini. padahal lagi males posting..
hhmmmm... apaan sih basic story itu? basic story atau dasar cerita (bahasa indonesianya) atau bisa juga di sebut plot, merupakan pengembangan dari ide cerita menjadi sebuah plot utama cerita yang akan di buat menjadi cerita nantinya. entah cerita ini nantinya di kembangkan dalam bentuk film maupun bisa juga dalam bentuk cerpen, atau sebagainya yang pake dasar single plot. namun karena bentuknya adalah single plot, biasanya cerita ini selesai dalam satu bentuk cerita. gak bisa di jadikan sinetron, film seri, atau cerbung yang biasanya pake multiplot.

sebenernya pengembangan cerita dari ide sampe skenario film prosesnya rada panjang.. cuma emang bisa disingkat juga sih.. xixixi..
pertamanya dari premise, berlanjut ke ide, dari ide itu di kembangin jadi basic story atau bisa juga di sebut plot cerita, dari situ di lebih detailin dalam bentuk sinopsis, dimana di sinopsis ini termuat bukan hanya sekedar ringkasan cerita, melainkan sebuah ikhtisar yang memuat semua data dan informasi dalam skenario. selanjutnya, dari sinopsis ini di teruskan dengan pembuatan scene plot dan terakhir baru skenario. kesemua bagian2 itu, akan gue lanjutin penjelasannya di postingan berikutnya.



nah.. balik lagi ke masalah basic story. basic story ini juga ada yang menyebutnya sebagai plot/alur. klo macamnya, ada 2 macam plot yaitu plot lurus sama plot bercabang. plot bercabang atau multi plot ini sih biasanya di pake buat cerita2 sinetron atau cerita bersambung. jadi kalo mau bikin basic story, gak perlu panjang2. cukup setengah sampe satu halaman. yang penting disitu udah tergambar dengan jelas apa sih cerita yang mau kita buat. (note : walaupun belum sejelas di sinopsis, ya). beda dengan di sinopsis yang sudah mesti memuat isi cerita, keingan dan tujuan dari cerita, konflik dan penyelesaian, karakter tokoh, lokasi dan waktu kejadian. sementara klo di basic story, biasanya hanya isi ceritanya aja. yaa... gue mungkin belum tau banyak sih, soal plot ini. cuma setau gue, dari postingan temen gue yang lagi ngebahas soal basic story vs cerpen, kayaknya yang dia bilang soal 20 macam plot itu, menurut gue sih lebih ke tema dan jenis cerita. ya.. mungkin gue bisa salah. ya maap klo salah..


soalnya gue melihat pembagian plot yang dia ceritakan itu dasarnya adalah jenis cerita. ya.. mungkin klo ada temen2 lain yang lebih mengerti, mohon pencerahannya.. ayo.. ayo ngerjain naskah lagi.. deadeline, bow..

Tidak ada komentar: